Minggu, 20 Maret 2011

bunga anggrek hitam

anggrek hitam


Anggrek Hitam /black orchid (Coelogyne pandurata) merupakan spesies langka yang eksotik. Setiap bagian batangnya memiliki penampilan yang menarik dan indah dipandang mata.
Tidak hanya keindahan bunganya yang membuat spesies ini di cari banyak orang, namun potensi genetik yang dimilikinya membuat plasma nutfah anggrek ini berhasil mencuri perhatian para pemulia tanaman.

Ciri-Ciri Bunga Anggrek Hitam
Mengapa tanaman cantik ini diberi nama bunga anggrek hitam? Ciri utama tanaman ini adalah lidah bunganya yang berwarna hitam . Lidah bunga dikelilingi oleh kelopak bunga berwarna hijau pupus membuat penampilannya semakin eksotis.
Aroma wangi samar yang keluar dari kuntum bunga anggrek hitam yang hampir matang siap diserbuki semakin menambah daya tarik spesies ini. Biasanya wangi bunga akan semakin kuat seiring dengan semakin matangnya benang sari dan putik.
Wangi bunga ini memiliki fungsi penting bagi keberlanjutan populasi anggrek hitam. Ia berfungsi mengundang serangga dan hewan penyerbuk lainnya untuk membantu penyerbukan pada kuntum bunga tersebut. Cairan madu manis yang terdapat di sekitar putik menjadi hadiah bagi kerja keras serangga penyerbuk tersebut.
Tanaman ini memiliki umbi batang yang berwarna hijau terang, menempel di permukaan tempat tumbuhnya. Permukaan umbinya tampak mengkilat sangat mencolok, sehingga mampu mencuri perhatian setiap mata yang memandang.
Pada setiap umbi tumbuh dua helai daun yang tebal nan kaku. Bentuknya pun menarik seperti penutup mayang kelapa yang masih belum mekar. Jika diperhatikan perpaduan antara umbi batang dan dua daun di ujungnya seperti penampilan seekor ikan.

Potensi  Genetik
Corak warna hitam pada lidah bunga anggrek hitam merupakan potensi genetik yang sangat dibutuhkan dalam pemuliaan tanaman anggrek. Warna hitam pada lidah bunga merupakan pembawa sifat hitam yang langka, dan berpotensi menurunkan hasil silangan yang unik pada persilangan dengan tanaman anggrek lainnya.
Potensi genetik yang dimiliki oleh bunga anggrek hitam harus dimanfaatkan secara optimal oleh para pemulia tanaman dan lembaga penelitian untuk perkembangan ilmu pengetahuan dalam menunjang kesejahteraan.
Potensi genetik anggrek hitam harus terus dikaji dan diteliti sehingga bisa ditemukan hasil silangan yang unik dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.  Keunikan hasil silangan yang dihasilkan adalah potensi ekonomi yang sangat besar bagi kesejahteraan petani kembang khususnya penangkar anggrek.








Habitat
Bunga anggrek hitam terkenal sebagai ratu hutan di jantung hutan Kalimantan. Ia terkenal dengan julukan Mutiara Hitam dari Kalimantan. Sampai saat ini, tanaman ini masih menjadi tanaman langka penghuni hutan Borneo.
Namun demikian, anggrek hitam ini juga bisa ditemukan di hutan-hutan di daerah Sumatra, Malaysia dan Philipina di Mindanao, Luzon dan Pulau Samar. Tanaman ini tumbuh baik pada pohon tua di sekitar pantai atau di rawa dataran rendah yang cukup panas.

1 Komentar:

Pada 1 Agustus 2014 pukul 19.34 , Blogger Erwan Setiawan mengatakan...

Sayang, blog Aneka Tanaman Hias ini ga ke urus.

Salam kenal aza

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda